Mengapa Harga Domain Bisa Mahal, Berapa Harga Domain Termahal di Dunia?

07.11.2023 00:05
5-9 menit
Ilustrasi nama domain inisial.com
Ilustrasi nama domain inisial.com DilokaStudio

Domain memiliki peran penting dalam memfasilitasi akses dan navigasi di Internet. Dengan menggunakan domain, pengguna dapat dengan mudah mengingat dan mengakses situs web tanpa harus menghafal alamat IP yang panjang dan kompleks.

Definisi Domain

Secara teknis, domain adalah alamat IP numerik yang diterjemahkan menjadi sebuah nama yang mudah diingat oleh pengguna. Domain terdiri dari dua komponen utama, yaitu nama domain dan ekstensi domain.

Nama domain merupakan bagian yang dapat dipilih oleh pemilik situs web, sementara ekstensi domain menunjukkan jenis atau kategori situs web tersebut. Contoh umum ekstensi domain adalah .com, .net, .org, .edu, .gov, .id, dan sebagainya.

Proses pendaftaran domain dilakukan melalui registrar domain yang terakreditasi. Pengguna dapat memilih nama domain yang masih tersedia dan membelinya dengan membayar biaya sewa atau pembelian yang biasanya dikenakan secara tahunan.

Secara keseluruhan, domain merupakan alamat yang digunakan untuk mengakses situs web di Internet. Dengan domain, pengguna dapat dengan mudah mengingat dan mengakses situs web tanpa harus menghafal alamat IP yang rumit.

Mengapa Harga Domain Bisa Mahal

Apa saja faktor yang membuat harga domain mahal? Berikut pembahasannya:

Menyertakan Kata Kunci Populer. Faktor pertama yang membuat harga domain mahal adalah domain tersebut mengandung kata kunci populer. Domain yang seperti ini biasanya menjadi incaran banyak orang karena dapat membantu website meraih peringkat teratas SERP untuk niche bisnis tertentu. Contoh domain dengan kata kunci populer adalah cars.com, business.com, dan clothes.com.

Termasuk Domain Premium. Salah satu alasan harga domain bisa melonjak yaitu karena domain tersebut termasuk domain premium. Domain premium adalah domain yang bernilai tinggi karena memiliki ciri unik. Contohnya, hanya terdiri dari 2-4 karakter saja sehingga mudah diingat pengunjung. Pun demikian ada juga domain premium yang memiliki lebih dari 4 huruf, tapi memuat kata yang mudah dieja.

Ekstensi yang Digunakan. Ekstensi domain yang digunakan juga menentukan mahal atau murahnya harga domain. Utamanya, yang mampu mewakili nama atau bidang bisnis dengan lebih singkat dan jelas. Misalnya, di Indonesia ekstensi yang secara khusus menunjukkan asal domain adalah .id, .co.id, or.id, dan sch.id. Maka, tak heran pilihan domain di ekstensi tersebut terbatas dan bisa menaikkan harga domain kalau memiliki ciri unik.

Track Record Bagus. Harga jual domain juga dipengaruhi oleh track record-nya, terutama dari sisi SEO. Dengan begitu, pembeli domain tidak perlu susah payah menerapkan strategi SEO untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.


25 Domain Termahal di Dunia

1. Business.com

Harga domain: USD 345 juta
Pemilik: RH Donnelley Corp

RH Donnelley Corp ingin mengambil alih platform berita bisnis business.com dan berencana menyediakan jasa advertisers melalui website tersebut. Tak hanya menunjukkan niche bisnis dengan baik, volume pencarian “business” di Google juga cukup tinggi. Jadi, tentu sebuah pembelian yang cukup worth it.

2. LasVegas.com

Harga domain: USD 90 juta
Pemilik: Vegas.com

LasVegas.com adalah salah satu domain termahal di dunia. Domain ini dibeli Vegas.com untuk membangun website yang menyediakan layanan agensi travel bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota Las Vegas. Harga LasVegas.com bisa meroket karena merupakan exact match domain yang menunjukkan lokasi tertentu secara spesifik.

3. CarInsurance.com

Harga domain: USD 49,7 juta
Pemilik: QuinStreet

QuinStreet membeli domain CarInsurance.com pada tahun 2010 lalu untuk membuat website yang memberikan informasi tentang asuransi mobil. QuinStreet rela merogoh kocek demi membeli domain ini karena nama domainnya mudah diingat dan mengandung kata kunci yang banyak dicari pengguna internet di niche bisnis tersebut.

4. Insurance.com

Harga domain: USD 35,6 juta
Pemilik: QuinStreet

Tak hanya carinsurance.com, QuinStreet juga membeli domain termahal insurance.com yang merupakan industri yang mereka geluti. Harga insurance.com tergolong tinggi karena mengandung kata kunci banyak dicari dan tren pencarian “insurance” juga stabil.

5. VacationRentals.com

Harga domain: USD 35 juta
Pemilik: Vrbo

Vrbo, perusahaan rental liburan, membeli domain VacationRentals.com untuk menyaingi kompetitor yang hendak membeli domain tersebut. Walaupun domain ini terlihat panjang, nama ini menjadi mahal karena tren pencarian kata kunci “vacation rentals” cenderung tinggi di industri tersebut.

6. PrivateJet.com

Harga domain: USD 30,1 juta
Pemilik: Nations Luxury Transportation

PrivateJet.com adalah domain termahal yang dibeli oleh Nations Luxury Transportation, sebuah penyedia layanan perjalanan di Atlanta. Domain ini dibeli dengan harga tinggi karena perusahaan tersebut menganggapnya sebagai aset utama untuk menjangkau audiens yang menggunakan layanan travel kelas atas.

7. Voice.com

Harga domain: USD 30 juta
Pemilik: Block.one

Voice.com dibeli oleh Block.one karena dianggap cocok untuk menciptakan platform media sosial mereka. Voice.com yang hanya terdiri dari 5 karakter tentu memiliki nilai tinggi dari kemudahan diingat dan ekstensi populer .com yang dimilikinya. Itulah mengapa, domain ini termasuk dalam daftar domain termahal di dunia.

8. Internet.com

Harga domain: USD 18 juta
Pemilik: QuinStreet

QuinStreet kembali membeli salah satu domain termahal yaitu Internet.com yang merupakan platform segala berita tentang internet. Namun, pada tahun 2021 internet.com kembali tersedia di pasaran dengan minimal harga penawaran sebesar USD 35 juta.

9. 360.com

Harga domain: USD 17 juta
Pemilik: Qihoo

360.com adalah satu-satunya domain termahal di dunia yang semua karakternya menggunakan angka. Domain ini dibeli oleh Qihoo yang memutuskan untuk menciptakan brand yang dapat mencakup semua produk yang mereka tawarkan. Qihoo rela menggelontorkan USD 17 juta demi 360.com karena domain yang mengandung angka memang populer di Cina. Buktinya, 80% pembeli domain numerik memang berasal dari Cina.

10. Insure.com

Harga domain: USD 16 juta
Pemilik: QuinStreet

Jika ada domain yang berkaitan dengan asuransi, pasti QuinStreet menjadi pembeli domain tersebut. Benar saja, Insure.com yang merupakan website tentang konten asuransi dan perbandingan layanan asuransi menjadi incaran mereka. Sama dengan domain termahal lain yang dibeli QuinStreet, “insure” juga merupakan kata kunci yang cukup populer di Google di niche tersebut.

11. NFTs.com

Harga domain: USD 15 juta
Pemilik: Anonim

NFTs.com adalah domain termahal yang terjual di tahun 2022. Sayangnya, pembeli domain ini memilih untuk menutupi identitasnya. Nama domain ini tentunya berkaitan dengan blockchain. Namun, rencana penggunaan websitenya sendiri masih belum diketahui publik. Dengan hanya 4 karakter, domain ini menjadi domain termahal di tengah tren Non-Fungible Tokens (NFTs) sejak 2021.

12. Fund.com

Harga domain: USD 12 juta
Pemilik: Fund.com Inc.

Pada 2008, salah satu domain termahal di dunia Fund.com dibeli oleh perusahaan penerbitan informasi jasa keuangan bernama Fund.com Inc. Domain yang digunakan untuk website tentang investasi, saham, reksa dana, dan lainnya ini tergolong domain premium berkat 4 karakter yang dimilikinya.

13. Hotels.com

Harga domain: USD 11 juta
Pemilik: Hotels.com

Hotels.com adalah domain untuk website booking hotel yang dibeli seharga USD 11 juta oleh David Roche. Hotels.com hanya terdiri dari 6 huruf, sehingga mudah diingat. Yang menjadi kuncinya, domain hotels.com dianggap sesuai dengan brand milik David sehingga ia rela membeli salah satu domain termahal di dunia ini.

14. Tesla.com

Harga domain: USD 11 juta
Pemilik: Elon Musk

Tesla Motors adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yang awalnya menggunakan domain teslamotors.com. Namun, CEO Tesla yaitu Elon Musk, memutuskan membeli Tesla.com karena lebih singkat dan lebih mencerminkan brand miliknya. Padahal, ia harus membeli domain ini dengan harga USD 11 juta.

15. Shoes.com

Harga domain: USD 9 juta
Pemilik: DSW

Awalnya shoes.com merupakan domain yang dijual kepada Walmart seharga USD 9 juta. Pada Mei 2022, domain ini kembali dijual Walmart dan dibeli oleh DSW, sebuah brand desainer sepatu. Dengan pembelian domain termahal ini, DSW berharap trafik tinggi yang dimiliki shoes.com bisa menjadi strategi untuk mengembangkan brand sepatu tersebut.

16. Fb.com

Harga domain: USD 8,5 juta
Pemilik: Facebook

Awalnya, Fb.com adalah domain milik American Farm Bureau Federation. Tapi, Facebook rela merogoh kocek demi mengakuisisi domain seharga 8,5 juta tersebut. Alasannya, salah satu domain termahal di dunia ini dibutuhkan untuk mengembangkan fitur email publik Facebook menggunakan alamat email @fb.com.

17. RealEstate.com

Harga domain: USD 8,25 juta
Pemilik: Market Leader

Market Leader, perusahaan penyedia jasa profesional marketing dan teknologi, mengakuisisi RealEstate.com karena tergiur dengan trafiknya yang tinggi. Bahkan, pada saat itu website ini memperoleh ranking #3 di hasil pencarian google untuk kata kunci “real estate”. Tak hanya itu, kata kunci “real estate” memang cenderung stabil dari tahun ke tahun. Makanya, tak salah jika RealEstate.com dijual dengan harga fantastis dan termasuk dalam daftar domain termahal di dunia.

18. HealthInsurance.com

Harga domain: USD 8,13 juta
Pemilik: TogetherHealth

TogetherHealth mengakuisisi healthinsurance.com dengan tujuan untuk mempromosikan layanan asuransi miliknya. Harga domain termahal di dunia ini sepadan dengan kualitasnya sebagai domain yang singkat serta menjelaskan lingkup bisnis dengan baik. Jadi, berpotensi membuat website lebih mudah jadi ranking #1 di Google.

19. Z.com

Harga domain: USD 6,8 juta
Pemilik: GMO

Z.com adalah domain yang dibeli oleh Nissan untuk mempromosikan mobil Z series mereka. Kemudian, domain tersebut dijual kepada GMO, sebuah provider internet di Jepang dengan harga tinggi karena hanya ada 3 domain dengan ekstensi .com yang menggunakan satu karakter di dunia, yaitu z.com, q.com, dan x.com.

20. iCloud.com

Harga domain: USD 6 juta
Pemilik: iCloud

iCloud adalah layanan penyimpanan foto, file, catatan, kata sandi, dan data Anda dengan aman di cloud untuk pengguna produk Apple. Apple membeli domain iCloud.com dengan tujuan memudahkan pemilik akun iCloud mengakses file di platform tersebut melalui browser apapun yang digunakan.

21. Toys.com

Harga domain: USD 5,1 juta
Pemilik: ToysRUs

Selain karena nama domain yang singkat, toys.com dipilih perusahaan ToysRUs karena itulah domain yang paling menggambarkan bisnis yang mereka jalani. Apalagi, kata kunci “toys” cukup populer sehingga sudah pasti menjadi sumber trafik yang besar bagi website.

22. SEO.com

Harga domain: USD 5 juta
Pemilik: Michael Mann

Kisah domain termahal di dunia yang satu ini cukup unik. Michael Mann, pemilik perusahaan BuyDomains rela menjual perusahaannya tersebut untuk membeli SEO.com seharga USD 5 juta. Domain SEO.com sendiri awalnya adalah domain website agensi online marketing.

23. Medicare.com

Harga domain: USD 4,8 juta
Pemilik: eHealth

Perusahaan eHealth membeli medicare.com karena nama domain tersebut cocok untuk upaya branding perusahaan mereka. Apalagi, medicare.com cocok dengan niche bisnis yang dilakoni perusahaan ini, yaitu kesehatan. Itulah yang membuat eHealth bersedia membayar seharga USD 4,8 juta untuk membeli domain ini.

24. EF.id

Harga domain: Rp 500 juta
Pemilik: English First

Tak hanya di luar negeri, domain termahal juga banyak ditemukan di Indonesia. EF.id yang dimiliki English First salah satunya. Dengan dengan ekstensi domain .id untuk menarget siswa Indonesia yang ingin kursus bahasa Inggris, English First harus merogoh kocek ratusan juta rupiah untuk mewujudkannya. Maka, EF.id menjadi domain .id termahal seharga 500 juta Rupiah sesuai kebijakan PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) untuk domain yang terdiri dari 2 karakter saja. 

25. Forex.id

Harga domain: Rp 150 juta
Pemilik: Anonim

Forex.id adalah website yang menyajikan konten tutorial foreign exchange (forex) atau pertukaran mata uang asing. Forex.id menjadi domain dengan ekstensi .id termahal karena mengandung kata kunci yang banyak dicari pengguna internet di bidang finansial dan bisnis. Apalagi, penggunaan .id untuk memudahkan website ini menarget audiens di Indonesia membuat harga yang harus dibayar jadi cukup tinggi.

intronesia logo

intronesia.id adalah patform media digital sebagai opsi ruang informasi yang menyajikan berita dan informasi secara proporsional dan objektif.  "cintai indonesia dengan caramu"

©2024. PT Intro Media Indonesia